Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Kamis, 01 Desember 2016

Bupati Asahan Buka Posko Desa Tahun 2016

SIARAN PERS
SETDAKAB ASAHAN
NOMOR           : 365/HUMAS/XII/SP/2016
TANGGAL        : 1 DESEMBER 2016

Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP bersama Wakil Buopati Asahan, H Surya BSc membuka  kegiatan Posko Desa di Kecamatan Rawang Panca Arga, Desa Rawang Pasar V, Kamis, 1 Desember 2016.


Bupati Asahan dalam sambutanya mengatakan bahwa kini laju peningkatan produksi padi Kabupaten Asahan dari tahun 2011 hingga 2015 mencapai 4,84 persen. Produksi padi tahun 2015 sebesar 101.629 Ton GKG atau setara dengan 64.230 Ton beras. Berdasarkan angka ramalan II produksi tahun 2016 mencapai 105.551 Ton GKG. Artinya capaian diperkirakan meningkat dari tahun 2015 sebesar 3,9 persen.

“ Pencapaian produksi beras ini berkat kerja sama antara semua pihak. Terutama  dengan TNI, Penyuluh, lembaga tekni, Dinas pertanian ,Camat, petani,” demikian kata Bupati dihadapan ribuan masyarakat setempat.

Bupati juga menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan alih fungsi lahan pertanian, khususnya lahan sawah seperti diatur dalam undang-undang nomor 41 Tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan Kabupaten dan perda nomor 7 tahun 1999 tentang pengaturan pemanfaatan lahan sawah.

“ Rugi bila mengalihkan lahan dari sawah kelahan yang lain. Karena kini mengelola lahan sawah sangat untung. Maka jangan alihkan lahan sawah anda. Ditambah lagi dengan banyak bantuan dan perhatian dari pemerintah,” sebut Bupati

Diakhir sambutanya, Bupati meminta para kelompok tani untuk dapat memanfatkan bantuan yang diberikan, baik dari Pemkab Asahan maupun dari pemerintah pusat sekaligus untuk menjaga dan merawat bantuan tersebut.

“ Hari ini ada 32 unit handtraktor yang merupakan perjuangan dari anggota DPR RI, Fadli Nurzal untuk kelompok tani Asahan,” ucap Taufan sembari mengajak masyarakat untuk bersungguh-sungguh menjalankan fungsi dan tugas agar visi dan misi Pemkab Asahan dapat terwujud secara cepat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Asahan, Oktoni Eryanto menjelasakan bahwa kegiatan posko Desa bertujuan untuk menyampikan apresiasi dan aspirasi dan sekaligus sebagai sarana pembelajaran bagi petani untuk dapat mengembangkan diri serta pengetahuan dan keterampilan.

Kepala Dinas juga mengucapkan terimaksih kepada Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP yang selama kepeimpinannya telah banyak membantu dan memperhatikan pembangunan bidang pertanian, sehingga hingga kini pertanian Asahan telah memilikiratusan alsintan, baik roda empat, roda dua dan alat pertanian lainya.

Kemudian pembangunan jaringan irigasi tersier sepanjang 76.865 meter, jalan usaha tani sepanjang 38.794 meter, rehabilitasi jaringan irigasi 13.933 meter, bantuan benih  padi seluas 32.451 hektar jangun seluas 3 ribu lebih hektar, kedelai 380 hektar, OVOP dari berbagai jenis tanaman sebesar 62.364 hektar.

Selanjutnya, Pemkab Asahan akan meningkatkan debet air Sei Bunut dan maksimalisasi air sungai Asahan agar kedepan Asahan surplus beras dan swasembada pangan.

Kegiatan dirangkai dengan penyerahan traktor roda 2 dari APBD, Traktor roda 2 dari apirasi politisi PPP DPR RI, bibit padi, santunan anak yatim serat bantuan lainya dan dilanjuti dengan dialog interaktif serta kuis. (HUMAS-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar